Pengalaman Menonton Konser BTS di Singapore

3:49 PM

Hai hai... kali ini izinkan aku sedikit cerita tentang pengalamanku untuk pertama kalinya menonton konser. Biasanya udah lumayan sering nonton konser memang, tapi kali ini konser boy group asal Korea. Ini bener-bener baru pertama kali aku nonton konser yang bukan western group, dulu aku sudah pernah nonton Fall Out Boy, Panic! At The Disco, MUSE, Paramore dan One Direction. Tapi kali ini, aku menyempatkan diri, merogoh kocek untuk boy group asal Korea yaitu Bangtan Sonyeondan atau yang dikenal dengan BTS. Rasanya?? Campur Aduk! Senang, sedih, haru, merinding, pokoknya daebak! 


Awal cerita bagaimana aku menyukai boy group ini cukup unik. Unik banget malah. Jadi tahun 2017 bulan April, aku masih bekerja disalah satu perusahaan properti di area BSD. Pada saat itu, aku bekerja sebagai social media specialist, jadi aku tau betul apa yang sedang dibicarakan di internet yang ada kaitannya dengan lokasi di sekitar BSD. Pada saat itu, search engine menaik pesat untuk pencarian soal BSD, tak lain dan tak bukan, ternyata salah satu penyebabnya adalah BTS. Banyak orang yang mencari di google soal BTS dan BSD. Ternyata kebetulan, pada bulan April tersebut, BTS akan mengadakan konser di ICE BSD. Bener kan, ARMY? Pada saat itu, aku belum suka boy group, baru suka dan mengikuti K-Drama saja. Aku masih ingat betul apa yang aku katakan pada saat monthly evaluation pada saat itu...

Anysa: Wih tinggi banget searchingnya di google, ada apa sih?
Vendor: Iya, kebetulan mau ada konser BTS - Wings Tour di ICE BSD bulan April ini. Tau BTS gak?
Anysa: BTS? Behind The Scene? apa Buku Tahunan Sekolah? WINGS TOUR? dari WINGS AIR?

dan kurang lebih begitulah aku "mengejek" mereka. Saat ditunjukan fotonya, responku hanya "Oh.... ini", that's it. Pada saat itu juga, atasanku dengan secara cuma-cuma menawarkan "kamu mau mengadakan liputan pas konser BTS gak? kalau mau, nanti saya mintakan untuk 1 orang, supaya kamu bisa liputan acara yang ada di BSD". Dengan gamblangnya, aku menjawab "gausah deh mas! aku toh juga nggak tau mereka siapa, tanpa aku liputan pun searching kita di google sudah tinggi dan lumayan jadi report kita nanti". BAYANGKAN YA AKU BICARA SEPERTI ITU DENGAN MENGACA KONDISIKU SAAT INI. Lalu saat setelah konser berlangsung, aku kebetulan buka twitter. Pas banget, ada salah satu teman SMP ku yang me-retweet soal BTS, kalau nggak salah waktu itu baru saja release video klip Not Today. Iseng lah aku buka retweetan itu, aku tonton sampai habis. Kesan pertamaku adalah "Oh ini toh BTS, bagus juga video klipnya. Ehtapi kok mukanya sama semua sih? Coba kita liat video klip yg lain" NAHHHHH darisitu lah aku mulai KEPO. Aku perhatikan satu-satu member BTS. Sampai akhirnya aku menemukan salah satu muka yang bikin aku 'ah ini ganteng juga', yappppp member pertama yang mencuri perhatianku adalah Kim Tae Hyung. Begitulah kira-kira kesan pertamaku kepada BTS, miris bukan??


Long story short, aku jadi ngefans sama mereka. Dan saat mereka annouce love yourself tour Asia, rasanya panik, dan deg-degan. Indonesia belum masuk list, langsung dengan sigap aku bertanya kepada temanku yaitu Ervy, pilihannya adalah Singapore atau Bangkok. Dengan sigap juga dia menjawab Singapore. Ok. Tanggal Singapore sudah di announce, hal yang pertama ku lakukan adalah langsung membeli tiket pesawat Surabaya-Changi dan Changi-Surabaya. Aku membeli tiket sepertinya H+2 atau H+3 setelah jadwal rilis. Tiket pesawat sudah terbeli. Tanggal yang ditunggu tiba, war ticket!!! Saat itu posisinya aku tidak bisa war karena aku sedang berada di Solo. Akhirnya kuserahkan kepada Ervy dan teman-temanku untuk war ticket. Aku percaya kalau Ervy selalu membawa keberuntungan, akhirnya dia mendapatkan tiket di RED 1. Walaupun sebenernya aku mau di Yellow karena lebih dekat dengan stage. Tapi, at least I can see BANGTAN right???!!!

Tanggal 18 Januari 2019 aku berangkat ke Surabaya untuk terbang langsung ke Singapore. Penerbanganku jam 10 pagi, dan sampai Changi jam 1 siang. Rasa deg-degan mulai muncul, ngerti kan perasaan gelisah? Ya begitulah kira-kira yang aku rasakan hingga tanggal 19 Januari 2019 dini hari. Aku baru saja tidur pukul 03.00 AM karena terlalu excited hingga tidak bisa tidur. Kami bersiap pukul 06.00 dan berangkat ke venue yaitu Singapore National Stadium. Sampai di venue sekitar pukul 07.30, yang kami lihat adalah kumpulan orang yang sangat banyak dan mengantri entah untuk apa. Akhirnya aku dan teman-teman bagi tugas, ada yang antri pairing Army Bomb, ada yang antri penukaran tiket, dan ada juga yang mencari antrian gate


Saat mulai antri, kesan ku adalah sangat rapih! Pihak promotor sangat teratur dalam memberikan arahan, mereka membuat kami merasa nyaman walaupun pertunjukan masih lama. Promotornya sedetail itu memberikan arahan pukul berapa kami akan masuk, setelah ini ada pemeriksaan, dan semacamnya. Dan waktu yang dijanjikan oleh promotor pun tidak ngaret! Jadi saat kami sedang antri sesuai dengan queue number yang kami punya di tiket, kami diarahkan kedalam Indoor Stadium untuk mengantri sesuai dengan kategori tiket kami. Tidak ada yang lari, tidak ada yang gegabah, tidak ada yang menyelak, tidak ada teriakan atau complaint dari penonton. SEMUA AMAN! Sampai pada saat kami berjalan untuk memasuki venue stadium, semua tetap tertib. Mereka tau siapa yang disamping mereka sebelumnya saat berbaris dan mereka paham dimana mereka harus berbaris. GILDA SIH SERAPIH ITU. 


Sekitar pukul 16.30 kami masuk kedalam venue. Yang aku rasakan adalah sedikit rasa kecewa, karena ternyata kategori yang kami pilih agak jauh dan kami sudah tidak dapat front row lagi. Sudah banyak orang yang mengantri didepan kami. Satu yang harus aku syukuri adalah, kami masih bisa berdiri disini, melihat BANGTAN, bernafas di udara yang sama seperti mereka. Diluar sana masih ada beberapa orang yang kurang beruntung yang belum mendapat kesempatan untuk menonton konser Bangtan. Aku mengatakan kepada teman-temanku seperti ini, "guys, gue kesini mau have fun, jujur aja kalo masih mau maksa nyempil-nyempil untuk ke baris depan kayaknya gabisa. gue memilih untuk berdiri dibelakang aja supaya bisa bernapas dan joget dengan leluasa". Itu keputusan berat sih, karena udah jauh-jauh ke Singapore ternyata gabisa front row. Tapi gapapa, show must go on!



Di tiket tertulis concert start at 07.00 PM dan bener dong! Jam 7 konsernya mulai dan TERHARU! Lagu pertama adalah my favorit OOUO all the time yaitu IDOL. Rasanya kayak mimpi bisa mendengar langsung suara mereka yang biasanya hanya mendengan di youtube atau spotify. Pada tanggal 19 Januari 2019, dengan kedua mataku, aku berhasil melihat ketampanan Kim Tae Hyung, Kim Seok Jin dan Jung Ho Seok. Iya, berhasil ngeliat dengan mata kepala sendiri. Yang sedihnya adalah, aku gak berhasil melihat Jeon Jungkook pakai mataku sendiri. Itu yang sangat amat sedih. Rasanya tuh hidup jadi uring-uringan banget huhu. Iya terlalu berlebihan, tapi memang benar seperti itu. 


Mau lagi gak nonton konser mereka? MAU BANGET! Semoga aku masih dikasih kesempatan buat ngeliat muka Kuki ya, dengan mata kepalaku sendiri. Aamiin... Begitulah kira-kira pengalamanku menonton konser mereka. Sekarang lagi banyak berdoa semoga Indonesia beneran masuk list tour mereka, dan konser di Indo nanti bisa TERTIB dan AMAN. Nggak perlu tergesa-gesa, kita semua emang mau ngeliat BANGTAN, tapi alangkah baiknya kalo rasa antusias kalian diredam sedikit agar gak ada pihak yang dirugiin saat konser berlangsung aamiin... See you in another chance, Bangtan Sonyeondan. 

(p.s: buat kalian yang mau liat video konser Bangtan, aku ada fancamnya di channel youtube aku, bisa di akses disini ya! Happy watching...)


With Love,


You Might Also Like

0 comments

Subscribe