Harmony In Diversity

7:44 PM


HARMONY IN DIVERSITY

Harmony in diversity adalah keselarasan dalam satu kesatuan. Hal ini tak asing lagi kita dengar di lingkungan sekitar kita karena setiap manusia memiliki  pandangan dan perbedaan yang di miliki tiap individunya. Setiap negara memiliki ciri khas dan memiliki budaya yang berbeda dari negara lain, sering sekali masalah mengenai perbedaan budaya dan pengertian ini terjadi konflik.  Begitu sama nya dengan tugas ini, kami para MABA UB 2011 di berikan tugas dengan tema Harmony in diversity, pastinya kami memiliki pandangan berbeda tentang apa yang ingin kami jelaskan setiap individunya.
Saya akan membahas dan mengulas Harmony In Diversity mengenai perkenalan mahasiswa baru di Universitas Brawijaya. Kami adalah keluarga baru, teman baru, dan sahabat yang baru bertemu dan di satukan dalam kehidupan yang berbeda dari sebelumnya. Kami tidak mengenal satu sama lain dan pastinya di antara kami ada pandangan hidup yang berbeda dan memiliki budaya dari asalnya masing-masing. Meskipun kita berbangsa satu bangsa Indonesia, pasti kami memmiliki kehidupan yang berbeda sebelumnya. Pada masuk awal perkuliahan ini kami mengikuti Ospek untuk lebih mengenal tentang kehidupan kampus. Kami diperkenalkan dari se-sama pulau jawa maupun dari pulau luar jawa. Bagaimanapun caranya kami harus bersatu dalam perbedaan dalam beberapa hari ini menjadi satu kelompok baru yang memiliki ide berbeda dan harus kami satukan tanpa menimbulkan konflik apapun demi kelancaran masa ospek kami.
Mungkin ada beberapa dari kami yang masih tidak mau bergabung dan mulai terbuka sesama yang lainnya. Menurut saya bagaimanapun caranya dan apapun itu budaya yang kita jalani sebelum memulai kuliah dan sebelum mengenal satu sama lain, kami harus bersatu sebagai keluarga baru yang bisa menjaga hubungan baik. Menjaga nama baik Universitas Brawijaya, menjaga nama baik Fakultas Ilmu Budaya dan menjunjung tinggi nilai kebersamaan dan rasa hormat kepada sesama. Kita harus terus menunjukan “Bhineka Tunggal Ika” walaupun berbeda-beda tetapi kita harus menjadi satu dan menerima dan menghargai satu sama lain.
Sama hal nya dengan budaya dari Indonesia dan negara lain, sangat memiliki perbedaan yang sangat terlihat. Contohnya dari bahasa dan budaya. Meskipun demikian, seharusnya dari kita semua harus bisa memahami dan mengenali budaya lain dan mengambil sisi positifnya dan membuang dan menjauhi yang menurut kita tidak bagus.
Budaya Indonesia tidak kalah jauh bagusnya dengan budaya lain, Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat di gemari oleh wisatawan asing, wisatawan asing sangat senang dapat mengenal budaya Indonesia. Harusnya, kita sebagai warganegara Indonesia harus berbangga memiliki budaya yang sangat unik dan kita harus tetap menjaga kebudayaan itu sendiri dan harus tetap menjunjung tinggi perbedaan diatas keselarasan.

You Might Also Like

0 comments

Subscribe